jazznuno

Linux Semakin Mudah ( Sebuah Kemunduran atau Sebuah Kemajuan)

with 6 comments

Saat pertama kali kenal Linux saya langsung suka dengan OS ini ga tau kenapa. tapi pada saat itu saya bekerja di bagian training dan termasuk juga untuk mengajarkan jaringan komputer.

Saat itu banyak keluhan komputer kena virus, langsung aja tanya om google tentang Linux dan akhirnya saya mampir di lembaga kursus  dan di sana saya belajar Linux.

Distro pertama yang saya coba adalah Mandriva dan di sana saya di bawa untuk belajar install server.
Mandriva distro yang bagus saya langsung suka tetapi karena mengunakan desktop KDE saya kurang sreg dan akhirnya saya beralih ke Fedora Core 4 yang menggunakan desktop Gnome.

Sampai sekarang kalo urusan Instal Server saya gunakan Fedora, tetapi untuk urusan Desktop saya pilih Ubuntu karena dukungan komunitas yang banyak dan juga dukungan Cononical yang sering bagi-bagi CD Ubuntu gratis

Untuk urusan desktop saya rasa Ubuntu belum ada tandingannya kenapa? karena gampang banget alias mudah.
Dahulu untuk lakukan install sebuah program kita harus gunakan konsole/command line dan kita di hadapkan dengan neraka dependensi kenapa saya menyebutnya neraka dipendensi karena ada ketergantungan satu file dengan file yang lainya misalnya untuk install program A kita harus intall dulu program B tetapi program B tidak bisa di install tanpa ada program E, dan disinilah menurut saya kekuatan dan kelebihan Linux.

Sekarang Linux (ubuntu) semakin mudah saja terutama untuk urusan install, sampai-sampai saya merasa kok Linux gampang banget sih, ( ini sebuah kemunduran atau sebuah kemajuan ) dan menurut saya ini sebuah kemajuan. karena semakin mudah Linux akan semakin banyak orang yang gunakan Linux.

Dan buat para pengguna baru jangan lupa apapun distro anda baik itu Ubuntu, Fedora, Mandriva, Opensuse anda tetap pakai Linux jadi jangan lupa gunakan command line untuk keperluan tertentu karena lebih seru dan mengasikan.

Beruntung buat rekan-rekan yang telah menggunakan Linux sejak awal karena bisa merasakan dan melihat proses bagaimana susahnya dan serunya untuk melakukan pekerjaan seperti mounting hardisk, read & write di partisi NTFS.

Tidak lupa jangan sungkan untuk berbagi pengalaman.

Written by jazznuno

April 3, 2009 at 19:11

Posted in Just Share

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yup bener mas, skrg artikel tentang linux udah bertebaran dimana-mana, buku juga udah banyak beredar di toko buku papan atas, beda jaman saya awal kenal linux dulu, th 98-an, bener2 sulit nyari literatur, taun segitu belajar linux bener2 tantangan, apalagi untuk saya yg ga ada background ilmu komputer sama sekali. untung ada komunitas yg bisa jadi andalan.

    arielz

    May 4, 2009 at 05:05

    • Semenjak ada Linux, urusan IT seperti install server admin, networking semakin mudah untuk di pelajari. terimaksih untuk komunitas Linux di seluruh dunia

      jazznuno

      May 4, 2009 at 08:12

  2. Kemajuan yang sangat besar menurut saya…..
    bayangkan dengan usia yang baru beberapa tahun dibandingkan OS yang lebih dahulu lahir, Linux mampu menyamakan posisinya bahkan bisa dikatakan lebih…

    memang terasa hambar Linux tanpa CLI, tp toh kita juga masih bisa merasakan CLI nya kan. Walaupun proposinya sekarang sudah sangat beda antara CLI dan GUI….. Gak masalah buat saya.

    Salam Linuxer,

    ohdediku

    May 13, 2009 at 05:01

  3. salam kenal mas…
    saya pengguna baru.. baru migrasi ke ubuntu 9.04
    yang katanya sangat mudah aja bagi saya masih agak susah ya.. :getok: lagi banyak baca2 artikel linux ni…

    Guntur

    May 13, 2009 at 13:07

    • Anda pasti sudah mencoba install Ubuntu 9.04 kan
      cara installnya cukup next-next aja
      sekali install anda sudah dapat aplikasi Burning, Office, Chat, games yang lebih banyak.

      Mudah itu cuma soal kebiasaan
      Susah itu pasti karena belum belajar

      jazznuno

      May 14, 2009 at 04:33

  4. kalau buat saya masih enjoy dan menikmati CLI di slackware 13.37…
    pake window maker..
    aplikasi nya sangat menantang dan bikin kita pingin gali lebih dalem lagi
    semuanya tentang linux….
    apapun distro nya…
    kita wujudkan persatuan..dan kesatuan…
    yang belum pake linux…
    monggo di coba…. suka duka wow …..

    otoy21

    August 29, 2012 at 13:41


Leave a Reply

